RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 


MATA PELAJARAN       :    MATEMATIKA

MATERI POKOK             :    BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA

WAKTU                             : 2 X 45 MENIT (1 PERTEMUAN)

KELAS / SEMESTER      :    X / 1 (SATU)

A. STANDAR KOMPETENSI

Menggunakan operasi dan sifat serta manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitran dengan bentuk pangkat , akar, dan logaritma ; persamaan kwadrat dan fungsi kwadrat sistem persamaan linier – kwadrat ; pertidak samaan satu variabel ; logika matematika.

B. KOMPETENSI DASAR

Menggunakan sifat dan aturan tentang pangkat , akar, dan logaritma dalam pemecahan masalah.

C. INDIKATOR

1.      Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya

2.      Mengubah bentuk pangkat kebentuk logaritma dan sebaliknya

3.      Melakukan operasi aljabar dalam bentuk pangkat, akar dan logaritma

D. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI

Materi pokok                   :    Bentuk pangkat , akar dan logaritma

Uraian Materi Pokok        :   1.  Bentuk Akar

2.    Bentuk Pngkat

3.    Operasi-operasi Aljabar

E. MEDIA PEMBELAJARAN

1.      Alat yang digunakan :

F Kartu-kartu yang diberi nomor

F Soal-soal yang ditulis dalam kartu

F Kunci jawaban yang disajikan dalam kartu

2.      Bahan yang digunakan

F Karton

F. STRATEGI , MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN

Strategi              :    CTL

Model                :    Cooperative Learning type TGT

Pendekatan       :    Konsep

Metoda              :    Diskusi

G. SKENARIO KEGIATAN PENGALAMAN BELAJAR

Fase Pengalaman Belajar Waktu / keterangan
  Sebelum melakukan kegiatan terlebih dahulu siswa diberi tugas mengulang kembali sub pokok bahasan materi sebelumnya tentang sifat bilangan berpangkat positip dan negatif dan sisiwa ditugaskan menggali sebanyak banyaknya sub pokok bahasan yang akan didiskusikan pada kesempatan ini Tugas sebelum di kelas
1 Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan penggunaannya 5 menit
2 Siswa dibentuk team studi heterogen terdiri atas 5 siswa 5 menit
3 Siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing. Guru membimbing bagi kelompok yang mengalami kesulitan 20 menit
4 Diskusi kelas untuk memvalidasi jawaban / kesimpulan kelompok. 15 menit
5 Masing-masing kelompok mengirimkan anggota turnamen sesuai dengan kompetensinya 30 menit
 

6

Berdasarkan hasil turnamen diberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok, berdasarkan nilai rata-rata perhitungan yang mereka peroleh.

( Peringkat :  1.                   Super Team

2.                                      Great Team

3.                                      Good Team   )

 

 

20 menit

7 Pemberian tugas 5 menit

H. REFERENSI

Buku        :    Noormandiri (2005). Matematika SMA. Jakarta : Erlangga.

Wirodikromo, S (2007). Matematika SMA untuk Kelas X. Jakarta : Erlangga

Sri Kurnianingsih, dkk (2006). Matematika SMA dan MA Kelas X Semester Ganjil jilid 1A. Jakarta : ESIS

LKS         :    Harminingsih, dkk. LKS Matematika kelas X (Simpati). Solo : Grahadi.

I. PENILAIAN

1.      Penilaian Afektif  ( terlampir )

2.      Penilaian Kognitif ( terlampir )

 

KUIS  UNTUK KELOMPOK

  1. Ubahlah bilangan  ke  bentuk bilangan pangkat !
  2. Hitunglah nilai dari  !
  3. Hitunglah nilai
  4. Ubahlah bilangan berpangkat menjadi bentuk akar !
  5. Ubahlah bilangan  menjadi bentu berpangkat !
  6. Ubahlah bentuk = n ke dalam bentuk logaritma !
  7. Ubahlah bentuk  menjadi bentuk logaritma !
  8. Sederhanakan
  9. Hitunglah
  10. Jika diketahui log 9 = a, maka nilai dari log 729 adalah …

 

Kunci Jawaban

1.                                                          6.

2.  3                                                           7.

3.                                                       8. 3

4.                                                     9.

5.                                                         10. 3a

 

 

 

 

 

 

SOAL KUIS

No Soal No Soal
1 Suatu pesawat super sonik kecepatan terbang 15.000 Km/dt , bila ditulis dalam bentuk bilangan berpangkat adalah ….

a.    0,15 x 10 4 m/dt

b.      1,5 x 10 4 m/dt

c.       15 x 10 4 m/dt

d.      1,5 x 10 4 km/dt

e.       15 x 10 4 km/dt

2 Anggaran belajar daerah tertulis 0,5 triliun , bila ditulis dalam bilangan berpangkat adalah ….

a.  5 x 1011

b. 5 x 1010

c. 5 x 109

d. 0,5 x 1011

e. 0,5 x 1010

3 Pertamina akan melakukan pengeboran di pantei dengan kedalaman 250.000 m/jam dengan kecepatan 500 m/jam, maka waktu yang dibutuhkan untuk pengeboran adalah ….

a.  0,5 x 102 jam

b. 5 x 102 jam

c. 0,5 x 104 jam

d. 5 x 103 jam

e. 5 x 104 jam

4 Bentuk pangkat dari adalah…

a.  b1/6 b. b1/3 c.  b1/2

d.  b2/3 e.  b3/2

 

5 Diketahui   = x , Nilai x adalah ….

a.  0       b. 1      c.  2

d.  3       e. 4

6 Bentuk akar dari p5/2 adalah….

a.  √p             b.   p          c.  P√p

d.  p2 e.   p

7 Nilai dari 3log 9 x 9 log 5 x  5 log 27 = ….

a.  1        b.  2            c. 3

d.   4       e.  5

8 Logaritma dari 52 = 25 adalah …

a.  2log 5 = 25      b. 5 log 2 = 25

c.  25 log 2 = 5      d.  25 log 5 = 2

e. 5 log 25 = 2

9 Diketahui 2 log 3 = 1,59 nilai dari 2 log 1/3 = ….

a.  – 3,18        b.  -1,59

c.  1,59          d.   2,58

e.  3,18

10 Bentuk sederhana dari ( ap2)3= …

a.  a6 p6 b. a3p6 c. a6 p5

d. a3 p2 e. ap6

11 Amir menempuh perjalanan dari kota A  ke kota B dengan jarak V 48 km, kemudian perjalanan dilanjutkqan ke kota C dengan jarak V75 maka jarak yang ditempuh Amir adalah ….

a.  8√3        b. 9√3        c. √123

d.  20√3      e. 41√3

12 Bentuk sederhana dari

√p (2√p -√ p ) = ….

a.  p          b. 2√p          c. 2p

d. 2-√p     e. p2

13 Nilai dari

2 log 8  +  2 log 4  –  2log 2 = ….

a.  0       b.  1        c. 2

d.   3      c.   4

14 Bentuk akar dari 3 3/2 adalah ….

a.  3√3    b. √3          c. √V32

d.  3         e.  3 √32

15 Bentuk akar dari p log q = r , bentuk pangkatnya adalah …

a.  pr=q            b. qr=p

c.  pq=r            d. qp=r

e.  rp=q

 

KUNCI  JAWABAN

1.      B                2.  A                  3.  B

4.      D               5.  C                   6.  D

5.      C                8.  E                   9.  B

10.  B                11.B                  12 .A

13.  C                14.A                  15. A

 

PERHITUNGAN POINT TURNAMEN UNTUK 4  ORANG

 

Pemain

No.

Ties

Tie For Top Tie For Middle Tie For Low 3-Way Tie For Top 3-Way Tie For Low 4-Way Tie Tie For Low and High
Top Scorer 60 50 60 60 50 60 40 50
High Middle Scorer 40 50 40 40 50 30 40 50
Low Middle Scorer 30 30 40 30 50 30 40 30
Low Scorer 20 20 20 30 20 30 40 30

 

Mengetahui,                                                                          Karanganyar, 4 Januari 2011

Kepala Sekolah                                                                      Guru Mapel Matematika

 

Raditya Pratama                                                                Cristina Indah Puspita Sari

NIP. 134576                                                                          NIM : A 410 060 035

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: